MATEMATIKA
Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d,
atau e di depan jawaban yang benar!
1.
Ingkaran pernyataan “Pada hari Senin, siswa SMA X wajib
mengenakan sepatu putih dan kaos kaki putih” adalah ….
a.
Selain hari Senin, siswa SMA X tidak wajib mengenakan
sepatu putih dan kaos kaki putih.
b.
Selain hari Senin, siswa SMA X tidak wajib mengenakan
sepatu putih atau kaos kaki putih.
c.
Selain hari Senin, siswa SMA X wajib mengenakan sepatu
putih dan tidak kaos kaki putih.
d.
Pada hari Senin, siswa SMA X tidak wajib mengenakan
sepatu putih atau tidak wajib mengenakan kaos kaki putih.
e.
Pada hari Senin, siswa SMA X tidak wajib mengenakan
sepatu putih dan tidak wajib mengenakan kaos kaki putih.
2.
Pernyataan majemuk : Jika hari hujan maka sungai meluap,
ekuivalen dengan ....
a.
Hari hujan dan sungai meluap
b.
Hari tidak hujan dan sungai tidak meluap
c.
Jika sungai meluap maka hari hujan
d.
Jika sungai tidak meluap maka hari tidak hujan
e.
Jika hari tidak hujan maka sungai tidak meluap
3.
Penarikan kesimpulan yang sah dari argumentasi berikut.
~p Þ q
q
Þ r
adalah
....
a.
p Ù r
b.
~p Ú r
c.
p Ù ~r
d.
~p Ù r
e.
p Ú r
4.
Nilai dari
dengan p = -1,
q = 1, dan r = 2 adalah ….
a.

b.

c.

d.

e.

5.
Bentuk sederhana dari
adalah ….
a.
b.
c.

d.

e.

6.
Jika 4log 3 = p; 4log 5 = q; dan 4log
8 = r maka nilai dari 4log 15 + 4log 8 nyatakan dalam pqr
adalah ….
a.
q + p + r
b.
q – p – r
c.
2q – p + r
d.
2p – q + r
e.
2r – q + p
7.
Koordinat titik balik dari grafik fungsi kuadrat yang
persamaannya y = (x - 1)(x - 3)adalah ….
a.
(2, -1)
b.
(-1, -3)
c.
(-2, -1)
d.
(-2, 1)
e.
(1, 3)
8.
Suatu fungsi kuadrat mempunyai nilai minimum -2 untuk x =
3, dan untuk x = 0 nilai fungsi itu 16. Fungsi kuadrat itu adalah ….
a.
f(x) = 2x² - 12x + 16
b.
f(x) = x² + 6x + 8
c.
f(x) = 2x² - 12x – 16
d.
f(x) = 2x² + 12x + 16
e.
f(x) = x² - 6x + 8
9.
Jika f(x) =
dan (f o g) (x)
=
, maka fungsi g adalah g(x) adalah ….
- 2x - 1
- 2x - 3
- 4x – 5
- 4x - 3
- 5x – 4
10.
Fungsi f : R ® R dan g : R ® R ditentukan oleh f(x) = 3x - 2 dan g(x) = x + 5. Maka
nilai (g o f)-1 (6) adalah ….
a.
1
b.
2
c.
3
d.
e.
11.
Akar-akar persamaan 2x² + 6x = 1, adalah p dan q. Nilai
p² + q² adalah ....
a.
-2
b.
-3
c.
-8
d.
9
e.
10
12.
Persamaan kuadrat yang akar-akarnya 5 dan -2 adalah ....
a.
x² + 7x + 10 = 0
b.
x² - 7x + 10 = 0
c.
x² + 3x + 10 = 0
d.
x² + 3x - 10 = 0
e.
x² - 3x - 10 = 0
13.
Persamaan 2x² + qx + (q - 1) = 0, mempunyai akar-akar x1
dan x2. Jika x12 + x22 =
4, maka nilai q =adalah ....
a.
6 dan 2
b.
-5 dan 3
c.
-4 dan 4
d.
-3 dan 5
e.
-2 dan 6
14.
Himpunan
penyelesaian dari pertidaksamaan
, untuk x Î R, adalah ....
a.
{x | -2 < x < 3, x
Î R}
b.
{x | x < 3 atau x > 2, x Î R}
c.
{x | -6 < x < -2 atau x > 3, x Î R}
d.
{x | x < -2 atau x > 3, x Î R}
e.
{x | x > 3, x Î R}
15.
Himpunan
penyelesaian dari
, maka nilai x
– y adalah ….
a.
1
b.
2
c.
3
d.
4
e.
5
16.
Suku ke-n suatu deret aritmetika adalah Un = 3n-5. Rumus
jumlah n suku yang pertama deret tersebut adalah ....
a. Sn =
b. Sn =
c. Sn =
d. Sn =
e. Sn = 
17.
Dari suatu barisan geometri ditentukan U1+ U2+
U3 = 9 dan U1 U2 U3= -216. Nilai U3
pada barisan geometri itu adalah ….
a.
-12 atau -24
b.
-6 atau -12
c.
-3 atau -6
d.
3 atau 12
e.
6 atau 24
18.
Nilai maksimum fungsi obyektif 4x + 2y pada himpunan
penyelesaian system pertidaksamaan :
x + y > 4
x + y < 9
-2x + 3y < 12
3x - 2y < 12
adalah
….
a.
16
b.
24
c.
30
d.
36
e.
48
19.
Seorang pemborong lemari memproduksi dua jenis bentuk
lemari:
a. lemari jenis I seharga Rp 30.000,00/m2
b. lemari jenis II seharga Rp 45.000,00/m2.
Tiap m2
lemari jenis I memerlukan 4 m kayu jati dan 6 m kayu mahoni, sedangkan tiap m2
pagar jenis II memerlukan 8 m kayu jati dan 4 m kayu mahoni. Persediaanyang ada
640 m kayu jati dan 480 m kayu mahoni. Maka banyak tiap-tiap lemari harus
dibuat untuk mendapatkan hasil penjualan maksimal adalah ….
a.
40 lemari jenis I dan 60 buah lemari jenis II
b.
30 lemari jenis I dan 50 buah lemari jenis II
c.
20 lemari jenis I dan 80 buah lemari jenis II
d.
10 lemari jenis I dan 90 buah lemari jenis II
e.
10 lemari jenis I dan 100 buah lemari jenis II
20.
Jika diketahui matriks A =
dan B =
, maka nilai x – y jika A = B adalah ….
a.
-7
b.
-3
c.
0
d.
3
e.
7
21.
Jika diketahui matriks
, dan matriks
, maka determinan 5A + 2B adalah ....
a.
20
b.
40
c.
60
d.
80
e.
100
22.
Matrik 2X berordo 2 x 2 yang memenuhi persamaan
adalah ….
a.

b.

c.

d.

e.

23.
Jumlah n suku pertama suatu deret Aritmatika adalah Sn =
n2 – n, suku ke-14 deret ini adalah ….
a.
22
b.
24
c.
26
d.
28
e.
30
2.
24.
Suku pertama dari barisan deret Geometri adalah 25 dan
suku ke-9 adalah 6400. Suku ke-7 deret ini adalah ….
a.
100
b.
200
c.
400
d.
1600
e.
2500
25.
Data yang diperoleh dari hasil pengamatan setiap hari
terhadap tinggi sebuah tanaman membentuk barisan geometri. Bila pada pengamatan
hari kedua adalah 2 cm dan pada hari keempat adalah
cm, maka tinggi
tanaman tersebut pada hari pertama pengamatan adalah ... cm.
a.
1
b.
1
c.
1
d.
1
e.
2
26.
Hasil
= ....
a.
-1
b.
0
c.

d.
1
e.

27.
Jika f(x) = (2x - 1)² (x + 2), maka turunanya f'(x) =….
a.
4(2x - 1) (x + 3)
b.
2(2x - 1) (5x + 6)
c.
(2x - 1) (6x + 5)
d.
(2x - 1) (6x + 7)
e.
(2x - 1) (5x + 7)
28.
Turunan pertama
dari f(x) =
adalah f’(x)
adalah ....
a.
b.
c.
d.
e.
29.
Diketahui f(x) =
. Fungsi f mempunyai
nilai stasioner pada x = -3 untuk nilai a adalah ....
a.
0
b.
1
c.

d.

e.
4
30.
Hasil dari
adalah ….
a.
10
b.
12
c.
14
d.
16
e.
18
31.
Luas daerah yang di asir di bawah ini adalah … satuan
luas.

a.
5
b.

c.
8
d.

e.

32.
Banyak bilangan antara 2000 dan 6000 yang dapat disusun
dari angka 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7 dan tidak ada angka yang sama adalah ....
a.
1.680
b.
1.470
c.
1.260
d.
1.050
e.
840
33.
Banyaknya cara bilangan yang
terdiri dari 4 angka dapat disusun dari 11 angka yang tersedia (tidak terdapat
pengulangan dan urutannya diperhatikan) adalah … cara.
a. 30
b. 210
c. 7.920
d. 32.760
e. 37.020
34.
Dua buah dadu dilempar bersamaaan, maka peluang munculnya
mata dadu berjumlah 3 dan berjumlah 6 adalah ....
a.
b.
c. 
d. 
e. 
35.
Sebuah mata uang dan sebuah dadu dilempar undi sekali.
Peluang munculnya angka prima pada mata dadu dan bilangan ganjil pada dadu
adalah ….
a.

b.

c.

d.

e.

36.
Perhatikan diagram lingkaran berikut!

Kegemaran
120 siswa Kelas XI IPS dapat dilihat di diagram lingkaran di atas. Berdasarkan
diagram lingkaran di atas, maka jumlah anak yang gemar olahraga basket adalah …
siswa.
a.
8
b.
12
c.
14
d.
24
e.
32
37.
Perhatikan histogram di bawah ini!

Rata-rata dari data yang disajikan
dengan histogram di atas adalah .....
a.
52,5
b.
55,5
c.
55,8
d.
60,3
e.
60,5
38.
Median dari data umur pada tabel di bawah ini adalah ....
Umur
|
Frekuensi
|
4 – 7
|
6
|
8 – 11
|
10
|
12 – 15
|
18
|
16 – 19
|
40
|
20 – 23
|
16
|
24 – 27
|
10
|
a.
16,5
b.
17,1
c.
17,3
d.
17,5
e.
18,3
39.
Simpangan baku dari distribusi frekuensi di bawah ini
adalah ....
Berat
|
Frekuensi
|
x
|
d
|
d2
|
fd
|
fd2
|
43 – 47
|
5
|
45
|
-5
|
25
|
-25
|
125
|
48 – 52
|
12
|
50
|
0
|
0
|
0
|
0
|
53 – 57
|
9
|
55
|
5
|
25
|
45
|
225
|
58 – 62
|
4
|
60
|
10
|
100
|
40
|
400
|
Jumlah
|
30
|
60
|
750
|
a.
Ö21 kg
b.
Ö29 kg
c.
21 kg
d.
23 kg
e.
29 kg
KUNCI & PEMBAHASAN UN MATEMATIKA 2013
1.
Jawaban: D. Pada hari
Senin, siswa SMA X tidakwajib mengenakan sepatu putih atau tidak wajib
mengenakan kaos kaki putih.
Pembahasan:
Pernyataan pada soal tersebut dapat dinyatakan
sebagai p Ù q. Ingkaran p Ù q adalah
~(p Ù q) º ~p Ú ~q.
Jadi, ingkaran pernyataan “Pada hari Senin, siswa
SMA X wajib mengenakan sepatu putih dan kaos kaki putih” adalah Pada hari
Senin, siswa SMA X tidak wajib mengenakan sepatu putih atau tidak
wajib mengenakan kaos kaki putih.
2.
Jawaban: D. Jika sungai tidak meluap maka hari tidak hujan
Pembahasan:
p Þ q ekuivalen dengan
~q Þ ~p
Jika hari hujan, maka sungai meluap, ekuivalen
dengan "Jika sungai tidak meluap, maka hari tidak hujan."
3.
Jawaban: E. p Ú r
Pembahasan:
Penarikan
kesimpulan dengan Silogisme, yang dinyatakan sebagai :
Premis 1 : ~p Þ q benar
Premis 2 : qÞ r benar
Konklusi ∴ ~p Þ r benar
~p Þ r = p Ú r
4.
Jawaban: A. 
Pembahasan:
Nilai p = -1, q
= 1, dan r = 2 dimasukkan ke dalam 
5.
Jawaban: D. 
Pembahasan:
=
= 
6.
Jawaban: A. q + p + r
Pembahasan:
4log 15 + 4log
8 = 4log 5 . 3 + 4log
8
=
4log 5 + 4log3 + 4log 8
=
q + p + r
7.
Jawaban: A. (2, -1)
Pembahasan:
y = (x - 1)(x - 3)
« y = x² - 4x +| 3
Koordinat titik balik :
x = -b/2a = -(-4)/2(1) = 4/2 = 2
y = 2² - 4.2 + 3 = 4 - 8 + 3 = -1
Jadi koordinat titik baliknya = (2, -1)
8.
Jawaban: A.
f(x) = 2x² - 12x + 16
Pembahasan:
Persamaan
kuadrat dengan nilai minimum -2 untuk x = 3 adalah :
f(x) = a(x - 3)² - 2
Untuk
titik (0, 16) :
16 = a(0 - 3)² - 2
16 = 9a - 2
9a = 18
a = 2
Jadi
f(x) = 2(x - 3)² - 2
= 2(x² - 6x + 9) - 2 = 2x² - 12x +
18 - 2 = 2x² - 12x + 16
9.
Jawaban: C. 4x
- 5
Pembahasan:
(f o g) (x)
= 
f(g(x)) = 
f(x) = 
g(x) + 1 = 4(x – 1)
g(x) = 4x – 4 – 1 = 4x – 5
10.
Jawaban: B. 2
Pembahasan:
(g o f)(x) =
g(f(x)) y =
3x + 3
= g(3x - 2) + 5
3x = y - 3
= (3x - 2) + 5 x = 
= 3x + 3
(g o f)-1
= 
(g o f)-1
=
x – 1
= 
11.
Jawaban: E. 10
Pembahasan:
2x² + 6x - 1 = 0
p + q = -b/a = -6/2 = -3
p . q = c/a = -
p² + q² = (p + q)² - 2pq
=
(-3)² - 2(-
)
=
9 + 1
=
10
12.
Jawaban: E. x²
- 3x - 10 = 0
Pembahasan:
Rumus : (x – x1) (x – x2) = 0
dimana x1 = 5, dan x2 = -2
(x - 5) (x - (-2)) = 0
(x - 5) (x + 2) = 0
x² + 2x - 5x - 10 = 0
x² - 3x - 10 = 0
13.
Jawaban: E. -2
dan 6
Pembahasan:
2x² + qx + (q
- 1) = 0 « ax² + bx + c = 0
x1 + x2 =
dan x1 . x2 = 
x12 + x22
= 4
(x1 + x2)2 – 2x1
. x2 = 4

Jadi q1 = 6 dan q2 = -2
14.
Jawaban: E. {x
| x > 3, x Î R}
Pembahasan:
Pertidaksamaan
memiliki
syarat
1.
x > 0

2.
x + 6 > 0
x >
-6

3.
Þ dikuadratkan
x² > x + 6
x² - x - 6 >
0
(x - 3) (x + 2)
> 0
x1 =
3, x2 = -2

Gabungan 1, 2,
dan 3 adalah : x > 3

{x | x > 3, x
Î R}
15.
Jawaban: C. 3
Pembahasan:
3x + y = 1 |x3|
9x + 3y = 3
2x - 3y =8 |x4|
2x - 3y = 8 +
11x
=11®x=1
x = 1® 3 + y = 1®y = -2
Jadi,
nilai x – y = 1 – (-2) = 3
16.
Jawaban: c. Sn = 
Pembahasan:
Rumus deret aritmetika : Un = 3n - 5
Jumlah suku ke
n :
Sn =
(U1
+ Un)
Cari U1 Þ U1 = 3(1) – 5 = -2
Maka, Sn =
(-2 + (3n – 5))
=
(3n – 7)
17.
Jawaban: d. 3
atau 12
Pembahasan:
U1 . U2 . U3 =
-216

18.
Jawaban: C. 30
Pembahasan:
Keempat pertidaksamaan pada soal akan membentuk
gambar seperti di bawah ini :

Fungsi obyektif 4x + 2y, kita test pada titik A, B,
C, dan D
A(4,0) Þ 4(4) + 2(0) = 16
B(6,3) Þ 4(6) + 2(3) = 30
C(3,6) Þ 4(3) + 2(6) = 24
D(0,4) Þ 4(0) + 2(4) = 8
Jadi nilai maksimumnya pada titik B(6,3) dengan
nilai 30.
19.
Jawaban: A. 40 lemari jenis
I dan 60 buah lemari jenis II
Pembahasan:
a. Misal: lemari
jenis I = x
lemari jenis II = y
Tabel matematika:
Kayu Jati (m)
|
Kayu mahoni (m)
|
Harga/m2 (Rp)
|
|
Jenis I (x)
|
4
|
6
|
30.000
|
Jenis II (y)
|
8
|
4
|
45.000
|
Batasan
|
640
|
480
|
Didapatkan kebutuhan Kayu jati, yaitu:
4x + 8y £ 640
x + 2y £ 160
Kebutuhan kayu
mahoni, yaitu:
6x + 4y £ 480
3x + 2y £ 240
b. Model matematika dari permasalahan di atas,
yaitu:
Memaksimumkan fungsi obyektif z = 30.000x + 45.000y
dengan batasan: x + 2y £ 160
3x + 2y £ 240
x ³ 0; y ³ 0
c. Menggambar grafik daerah himpunan
penyelesaian
x + 2y = 160, memiliki titik potong (0,8) dan (160,0)
3x + 2y = 240, mempunyai titik potong (0,120) dan (80,0)
|
Mencari titik C, yaitu
(i) x + 2y = 160
(ii) 3x + 2y = 240 -
-2x =
-80
x = 40
Subtitusikan x = 40 ke
(i) sehingga:
x + 2y = 160
40 + 2y = 160
2y = 160 - 40
y = 60
C (40,60)
Masukkan nilai variabel
x dan y pada titik ekstrim ke fungsi obyektif.
(x,y)
|
z = 30.000x + 45.000y
|
A (0,0)
B.(0,80)
C.(40,60)
D.(80,0)
|
30.000 (0) + 45.000
(0) = 0
30.000(0) + 45.000
(80) = 3.600.000
30.000(40) + 45.000 (60) = 3.900.000
30.000(80) + 45.000
(0) = 2.400.000
|
Jadi, nilai optimumnya
didapatkan pada titik (40,60). Artinya, pendapatan akan maksimum jika dibuat 40
lemari jenis I dan 60 buah lemari jenis II.
20.
Jawaban: A. -7
Pembahasan:
A =
B
2x =
16 + 6x 2y = 18 - 4y
2x - 6x =
16 2y
+ 4y = 18
-4x =
16 6y = 18
x =
-4 y = 3
Jadi, nilai x – y adalah -4 – 3 = -7
Jawaban:
E. 100
Pembahasan
5A – 2B = 5
+ 2
=
+
= 
Determinan
= 100
21.
Jawaban: A. 
Pembahasan:

22.
Jawaban: C. 26
Pembahasan:
U12 = S14 – S13
= [(14)² - 14] - [(13)² - 13]
= 182 - 156
= 26
23.
Jawaban: D. 1600
Pembahasan:
a = 25
U9 = ar8
6400 = 25 . r8
r8 = 256
r = 2
U7 =
ar7-1
= 25 . (2)6
= 1600
24.
Jawaban: E. 2
Pembahasan:
U2 = ar = 2
U4 = ar3 = 

a.
b.
c.

d.
1
e.

25.
Jawaban: A. 
Pembahasan:
=
=

26.
Jawaban: C. 
Pembahasan:
27.
Jawaban: D. (2x - 1) (6x +
7)
Pembahasan:
f(x) = (2x - 1)² (x +
2)
Misalkan : u = (2x -
1)² v = (x + 2)
u' = 2(2x - 1).2 = 4(2x -
1) v' = 1
f(x) = u . v
f'(x) = u' . v + u . v'
= 4(2x - 1) (x + 2) + (2x - 1)² (1)
= (2x - 1) (4x + 8) + (2x - 1)²
= (2x - 1)(4x + 8 + 2x - 1)
= (2x - 1)(6x + 7)
28. Jawaban: A. 
Pembahasan:

29.
Jawaban: A. 1
Pembahasan:
f '(x) = x² +
2ax - 3
Stasioner ® f '(x) = 0
f'(-3) = 0
(-3)² + 2a(-3)
- 3 = 0
9 - 6a - 3 = 0
6a = 6
a = 1
30.
Jawaban: B. 12
Pembahasan:

31.
Jawaban: D. 
Pembahasan:
y = x² + 2x -3
(x + 3) (x - 1)
Cari
titik potongnya :
y = 2x Þ y = 8 - x²
2x = 8 - x²
x² + 2x - 8 = 0
(x - 2) (x + 4) = 0
x1 = 2,
dan x2 = -4
Luas daerah yang
diarsir 0 < x < 2
Lihat
gambar di bawah ini :

Luas merupakan nilai
mutlak (positif), jadi luas daerah arsiran adalah
satuan luas
32. Jawaban: E. 840
Pembahasan:
Ribuan : ada 4
angka yang dapat dipakai yaitu: 2, 3, 4, dan 5.(Bilangan yang diminta antara
2000 dan 6000)
Ratusan : ada 7
yang dapat dipakai, sebab dari 8 angka, 1 angka sudah dipakai untuk ribuan
Puluhan : ada 6
angka sebab 2 angka dipakai ribuan dan ratusan.
Satuan : ada 5
angka sebab 3 angka sudah dipakai oleh ribuan, ratusan, dan puluhan.
Jadi, banyak
bilangan yang dapat dibentuk adalah 4 x 7 x 6 x 5 = 840
33. Jawaban: C.
7.920
Pembahasan:
11P4 = 
Jadi, ada 32.760 cara
bilangan tersebut dapat disusun.
34.
Jawaban: C. 
Pembahasan:
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
1
|
(1,1)
|
(1,2)
|
(1,3)
|
(1,4)
|
(1,5)
|
(1,6)
|
2
|
(2,1)
|
(2,2)
|
(2,3)
|
(2,4)
|
(2,5)
|
(2,6)
|
3
|
(3,1)
|
(3,2)
|
(3,3)
|
(3,4)
|
(3,5)
|
(3,6)
|
4
|
(4,1)
|
(4,2)
|
(4,3)
|
(4,4)
|
(4,5)
|
(4,6)
|
5
|
(5,1)
|
(5,2)
|
(5,3)
|
(5,4)
|
(5,5)
|
(5,6)
|
6
|
(6,1)
|
(6,2)
|
(6,3)
|
(6,4)
|
(6,5)
|
(6,6)
|
35.
Jawaban:
E. 
Pembahasan:
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
G
|
(G, 1)
|
(G, 2)
|
(G, 3)
|
(G, 4)
|
(G, 5)
|
(G, 6)
|
A
|
(A, 1)
|
(A, 2)
|
(A, 3)
|
(A, 4)
|
(A, 5)
|
(A, 6)
|
P(A, bilangan prima
ganjil) = 
36.
Jawaban: D. 24
Pembahasan:
Jumlah anak yang
gemar masing-masing olahraga
Olahraga
|
Persen
|
Perhitungan
|
Jumlah (orang)
|
Basket
|
20%
|
24
|
|
Voli
|
30%
|
36
|
|
Tenis Meja
|
40%
|
48
|
|
Lari
|
10%
|
12
|
|
Jumlah 100%
|
37.
Jawaban: C.
55,8
Pembahasan:
x
|
f
|
fx
|
42
|
2
|
84
|
47
|
8
|
376
|
52
|
15
|
780
|
57
|
10
|
570
|
62
|
5
|
310
|
67
|
10
|
670
|
Jumlah
|
50
|
2790
|
Rata-rata
|
55,8
|
38.
Jawaban: B.
17,1
Pembahasan:
Umur
|
Frekuensi
|
4 – 7
|
6
|
8 – 11
|
10
|
12 – 15
|
18
|
16 – 19
|
40
|
20 – 23
|
16
|
24 – 27
|
10
|
Jumlah
|
100
|
Med = Tb + i 

Dimana : Tb =
tepi bawah = 15,5
i = interval kelas = 4
n = jumlah frekuensi = 100
f k = frekuensi kumulatif = 6 + 16 + 18 = 34
f m = frekuensi median = 40
Med = 15,5 + 4 

39.
Jawaban: A. Ö21
kg
Pembahasan:

Tidak ada komentar:
Posting Komentar